Kamis, 17 September 2015

13 Bendera Menyambut HUT Kemerdekaan

Teungku Helmi [Ketua Himpunan
 Mahasiswa Peukan Bada]

Persiapan  menyambut hari kemerdekaan menjadi sangat penting bagi setiap Negera, ini merupakan sebuah kedaulatan rakyat setelah dijajah oleh masa kolonial, begitu pun juga Indonesia. Yang berbeda saya rasakan kali ini ketika menyambut persiapan HUT kemerdekaan Negera Malaysia, yang setiap tahunnya mereka peringati pada tanggal 31 Agustus.

Setelah beberapa hari saya berada di Negeri Melaka, Saya pindah menuju negeri yang baru. Negeri  yang akan saya pelajari akan banyak hal yaitu  Negeri Selangor & Kuala Lumpur. Di Malaysia Negeri itu adalah  Provinsi kalau di Indonesia, yang mana wilayah provinsi sama besar seperti di Indonesia namun Malaysia hanya memiliki  13 Provinsi yang begitu berdaulat, Makmur dan Sejahtera.

Sejarah terbentuk Malaysia adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara Malaysia berbentuk federasi dari 13 Negara bagian atau dalam bahasa Malaysia disebut negeri terdiri dari  Negeri Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, pulau Pinang, Kuala Lumpur, Selangor, Terengganu, Sabah, dan serawak.

Hari ini terasa berbeda bagi saya, dikarenakan dari setiap negeri yang saya lewati, ada saja hal menarik untuk dilihat dan di pelajari , saya yang ditemani oleh dua orang teman putra daerah setempat, mereka menceritakan banyak tentang Malaysia baik itu tentang sejarah, Budaya maupun pendidikan.  Terutama tentang bertebarannya bendera-bendera di setiap Negeri Malaysia yang rupanya merupakan momentum penyambutan Kemerdekaan di Negera Malaysia pada  setiap hampir mendekati peringatan Kemerdekaaan Negara Malaysia.

Pada bulan Agustus Indonesia dan Malaysia sama-sama memperingati Ulang tahun, Indonesia jatuh pada setiap 17 Agustus  untuk yang ke 70 tahun sedangkan Malaysia setiap 31 Agustus yang tahun ini juga jatuh ke 58 tahun Malaysia Merdeka. Menariknya  di Negara ini karena banyak bendera-bendera di Malaysia dengan bentuk yang berbeda-beda. Disamping berkibarnya Bendera Nasional Malaysia, ada bendera bentuk lain disampingnya  juga berkibar, setiap beberapa negeri saya lewati juga menemukan hal yang sama dengan Bendera Nasional dan disampingnya juga berndera berbeda lagi.

Semakin penasarannya saya, Akhirnya teman-teman saya menceritakan bahwa didalam negera memang  ada bendera lain  yang dimiliki oleh masing-masing 13 Provinsi di Malaysia. Dan setiap memperingati hari-hari penting di disetiap Negeri, maka akan ada dua bedera yang akan dinaikkan yaitu bendera Nasional Malaysia dan Bendera Negeri, begitu juga di sekitar jalan, Perkarangan rumah, dan Perkoataan maupun dipusat pembelanjaan. Setiap ada bendera akan ada dua bendera yang berkibar. Penyambutan Hut Kemerdekaan adalah puncaknya bendera-bendera berkibar diseluruh Negeri.  Masyarakat malaysia sangat semangat menyambut ulang tahun Kemerdekaan Negaranya salah satunya adalah berkibarnya bendera-bendera di seluruh pelosok Malaysia. Disini juga harga bendera begitu murah meriah di jual kepada kepada Masyarakat umum.

Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga yang perlu dikeahui, ketika Indonesia hari ini masih mempersoalkan bendera terutama bendera Provinsi Aceh, yang tentunya Aceh juga Negara Bagian dari Negara Republik Indonesia, namun hanya memiliki Kewenangan Khusus yaitu hasil Kesepakatan MoU Helsinki dan Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA). Seharusnya tidak perlu diperpanjangkan lagi karena bendera adalah sebagai symbol semangat bernegera dalam Negara layaknya seperti Negeri-Negeri di Malaysia. Saya pikir Aceh masih banyak tugas penting lain mesti  harus kita bangun baik dari segi infrastrukur maupun non-infrastrukur. Saya selaku putra Asli Aceh menyarankan bahwa kita harus belajar  dari Pengalaman Negara Lain salah satunya adalah Malaysia.

Email Penulis : teungku.helmi@gmail.com

0 komentar: